Selasa, 08 Maret 2011

Indahnya berbagi pengetahuan…


(Setelah hampir 2 bulan “puasa” ngeblog…)

Beberapa bulan yang lalu saya sempat ngobrol dengan adik kelas saya di Elektro ITS. Dia cerita kalau kadang dia merasa “sayang” dan “enggan” kalau harus memberitahu ilmu yang ia miliki ke orang lain. Namun karena itu, ia juga jadi nggak enak saat akan bertanya kepada teman – temannya tentang hal – hal yang tidak ia ketahui.

6a00d8341c613853ef0105358b046d970b-800wi

Jadi mana yang baik, berbagi dengan orang lain atau menyimpan untuk diri sendiri?

Pengalaman saya..

Saya sendiri dibesarkan dalam kultur belajar yang menghargai pentingnya berbagi pengetahuan pada orang lain. Sedari mahasiswa baru (di ITS) sudah ditanamkan dalam pikiran kami (sampai mengakar :) ..) bahwa berbagi apapun dengan orang lain itu penting setengah mati. Jangan sampai membiarkan teman “hilang” hanya karena dia tidak dapat memahami mata kuliah tertentu.

Walhasil, saya yang tidak punya komputer, tidur berhari – hari di rumah teman untuk bergiliran meminjam komputer. Juga tidak malu untuk bertanya (dan tidak enggan untuk memberitahu) tentang bidang ilmu tertentu. Dan teman – teman saya yang baik (dan pintar – pintar) juga punya kemurahhatian untuk itu. I thank God for it.

Berlanjut ke skripsi, saya yang benar – benar “beginner” dalam hal bikin rangkaian, banyak kakak – kakak kelas yang lebih jago memberi saran dan masukan pada saya. Sebaliknya saya memberitahu beberapa teori yang saya ketahui (yang mereka sudah lupa karena kelamaan kuliah :) ..). Well, rasanya saat kita berbagi, akan ada waktunya kita akan menerima juga.

Dunia yang berbagi

Di era internet sekarang ini kita menyaksikan amat banyak kekuatan berbagi di dunia. Hal ini terutama dipicu dengan munculnya gerakan dan terminologi open source, yang melahirkan program – program open source macam : Linux, Apache, Open Office, dll. Para programmer yang “tidak dibayar” ini saling berkolaborasi untuk menghasilkan program yang hebat, bahkan dalam beberapa hal lebih baik dari program komersial.

Kekuatan berbagi menghasilkan “ledakan” pengetahuan yang luar biasa.

Di bidang pendidikan, kita melihat situs – situs seperti :

* http://ocw.mit.edu
* http://citeseerx.ist.psu.edu

Di mana para ahli kelas dunia membagikan pengetahuannya kepada “dunia” dengan gratis dan bebas. Mereka tidak khawatir ilmunya akan “dicuri” karena semakin banyak orang yang “tahu”, semakin banyak juga orang yang mengembangkan dan saling berbagi. Jika mereka saja rela membagi ilmunya, masakan kita (yang notabene kelas teri :) ..) tidak mau berbagi?

Bagaimana dengan Anda?

(Melanjutkan pembicaraan dengan junior saya tadi) : “Jadi bagaimana, kamu mau berbagi dengan teman – temanmu atau tidak?”, kata saya.

“Wah, iya mas. Rasanya ilmu saya akan jauh berkembang jika saya berbagi dengan orang lain.”

“Bagus sekali kalau begitu, karena dengan mengajar orang lain secara lisan atau tulisan juga akan meningkatkan kemampuan kita dalam bidang ilmu yang kita pelajari.”

“Sipp kalau begitu..”

…………

Akhir kata, selamat berbagi dan merasakan keindahannya saat Anda merasakan “imbalannya”.
Source:http://belajardikampus.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar