Selasa, 08 Maret 2011

Bagaimana mendapatkan bahan kuliah, paper, jurnal ilmiah gratis?


Anda sedang pusing mencari bahan dan sumber untuk mempelajari ilmu tertentu, mengerjakan tugas, ataupun menyelesaikan skripsi?

Melalui internet, kita dapat memperoleh materi perkuliahan, paper, jurnal ilmiah dengan gratis (dan legal). Berikut ini beberapa situs yang menurut saya sangat berpengaruh dan penting dalam ‘pencarian ilmiah’ Anda.




Situs yang dikembangkan pengajar MIT untuk memanfaatkan internet dalam mencapai misinya “to advance knowledge and educate students“. Dengan tagline “unlocking knowledge, empowering minds”, MIT Open Course Ware dilaunch pada tahun 2002 dengan 50 mata kuliah, dan sampai tahun 2009 telah berisikan 1890 mata kuliah pada sekitar 33 bidang ilmu.

Melalui situs ini Anda dapat mengambil hampir seluruh bahan perkuliahan yang diberikan di MIT. Mulai dari silabus, handout, tugas, bahkan foto – video (jika ada) dari mata kuliah tertentu. Bayangkan, tanpa membayar sepeserpun Anda dapat “mengikuti” perkuliahan profesor – profesor top di MIT. Wow..


CSxbeta

Situs ini menyediakan berbagai paper, proceeding dari berbagai ilmuwan di dunia. Dengan melakukan search terhadap judul, topik, ataupun nama pengarang, maka Anda dapat melihat abstrak dari paper bersangkutan bahkan mengunduh paper lengkapnya. Anda juga dapat melihat paper lain yang mengutip (cite) paper. Situs ini menyediakan 1,382,141 artikel dan 26,743,860 kutipan.


scholar_logo

Ada kalanya bahan kuliah, paper, atau jurnal dari ilmuwan di seluruh dunia tersebar di situs – situs pribadi, maupun research group dari kampus – kampus di seluruh dunia. Untuk mempermudah kita dalam mencarinya, situs dari Google ini dapat diandalkan. Dengan kemampuan pencariannya yang handal, Google tidak hanya memberikan paper yang kita cari, namun juga menampilkan abstrak, kutipan, bahkan paper – paper kunci di bidang ilmu terntentu.

Tag line yang digunakan situs ini ialah “Stand on the shoulders of giants“. Sebuah tag line yang tepat dan bagus.

Bagaimana dengan Anda? Ada masukan tentang situs – situs lain yang gratis dan legal? Just give a comment!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar