Selasa, 08 Maret 2011

Rahasia Sukses Belajar di Kampus


“Apa bedanya kuliah di kampus dan sekolah di SMA?”, demikian tanya saya pada mahasiswa baru jurusan kami di Camp Mahasiswa Baru beberapa hari yang lalu.

“Jam kuliahnya Pak! Banyak yang bolong – bolong”, “Dosennya mengajar sedikit saja, tidak detail. Lain dengan guru yang menjelaskan semuanya.” Demikian jawab beberapa mahasiswa saya.

Hmm.. Saya teringat saat – saat awal saya kuliah, pikiran saya persis sama dengan mereka. Banyak banget perbedaannya!
Dan saya hampir – hampir tidak punya sumber untuk bertanya (atau mungkin saat itu saya malas bertanya :) ).

camp-maba

Setelah merenung dan membandingkan saat – saat saya masih sekolah, kuliah (S1 dan S2), serta pengalaman menjadi dosen, saya menyimpulkan paling tidak ada 6 hal yang menjadi “rahasia” supaya saya (atau siapapun) bisa sukses di kampus. Sukses bukan hanya dari sisi akademis, namun juga dari sisi non akademis yang ternyata jauh lebih penting. Berikut ini 6 rahasia yang harus diketahui :

1. Tujuan kuliah yang benar
2. Minat yang kuat
3. Sikap – sikap pribadi yang benar
4. Hubungan baik dengan orang lain
5. Stratategi belajar yang tepat
6. Ketrampilan belajar yang handal

Saya akan coba untuk menjelaskan satu per satu di posting – posting berikutnya. Jika anda sudah tidak sabar :) , berikut file presentasi saya di camp maba Elektro kemarin. Semoga berguna..

Presentasi “Realita Mahasiswa di Kampus”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar